Jul 10, 2016

Published 3:09 AM by with 2 comments

Nge-Blog: Aktivitas baru-Semangat baru

Pada dasarnya aku adalah tipikal orang yang senang melakukan hal baru. Hal baru bagiku merupakan suatu tantangan yang menanti untuk ditaklukan. Menaklukan tantangan menjadi suatu kepuasan tersendiri bagiku. Berhasil atau tidak itu urusan belakang. Kini aku merasa tertantang untuk mulai menulis ceritaku sendiri. Aku mulai melirik menulis sebagai hobiku yang lain. Aku tidak yakin betul dari mana datangnya keinginanku untuk menulis . Setelah ditilik lebih jauh lagi kebelakang, aku teringat masa SMP ku dulu. Aku ingat betul Guru IPS ku dulu, pak Weti Petrus namanya. Beliau pernah menceritakan pengalamannya sewaktu masa-masa sekolahnya. Beliau mengatakan bahwa ia dulu menulis diarinya sendiri selama ia masih sekolah. Ia menceritakan dengan antusias bahwa sampai sekarang ia kadang membacanya kembali untuk mengenang masa-masa sekolahnya dulu. Setelah bercerita pengalamannya itu, ia menganjurkan siswanya untuk membuat diari. Ini berguna selain untuk melatih kemampuan menulis, juga untuk mendokumenasikan setiap pengalaman yang pernah dialami ujarnya. Semenjak itu, aku terinspirasi dan mulai menulis diariku sendiri, sayangnya hanya bertahan dua bulan saja. Sampai sekarang aku tidak tahu bagaimana nasib "diari dua bulan" ku itu. Alasannya mungkin karena bosan menulis hal-hal yang monoton kala itu, mengingat juga kemampuanku untuk mengekspresikan ide dalam sebuah tulisan masih sangat terbatas. Itu lah pengalaman menulis pertamaku.

Minat dan kemampuanku dalam menulis tidak mengalami peningkatan yang signifikan setelah aku beranjak dewasa. Seingatku, aku malah tidak suka jika diminta guruku untuk menulis rangkuman materi pelajaran. Aku juga malas bila di suruh membuat essay atau pun resume saat aku melalu masa-masa ospek dulu. Terakhir aku juga kurang bersemangat saat menulis proposal penelitianku yang harus aku selesaikan sebagai syarat aku lulus dalam suatu mata kuliah. Alasannya mungkin karena tekanan yang diberikan padaku saat itu, dan topiknya yang aku kuasai dan minati. Aku merasa tidak bergairah untuk menulis dengan tekanan seperti itu dan kebanyakan hasil tulisanku pun kurang memuaskan. Alasan lainnya yang mungkin menjadi motivasi seseorang untuk menulis adalah apresiasi atas karyanya. Setiap orang bakalan senang melihat tulisannya diapresiasi atau disukai banyak orang. Belum pernah sama sekali aku mendapatkan apresiasi untuk tulisanku. Sampai moment yang berharga itu datang padaku. Jadi, Beberapa tahun ke belakang, pernah beberapa kali aku mengirim tulisan di sebuah majalah, dan tanpa disangka-sangka tulisanku secara berturut-turut diapresiasi oleh mereka, aku dihadiahi sebuah SD card, flashdisk, dan terakhir sebuah daypack. Momen itu sangat berarti bagiku. Bukan soal hadiahnya tapi soal penghargaan yang mereka berikan. Itu lah yang sangat berkesan bagiku. Mungkin itu penghargaan pertama yang aku dapatkan untuk tulisanku. Sejak moment itu aku bersemangat kembali untuk menulis.

Sementara ini ku tidak memiliki tempat untuk menyalurkan niatku untuk menulis. Lalu aku kenal dengan yang namanya blog. Dengan blog setiap orang bisa dengan bebas mengekspresikan idenya untuk menulis. Orang pun bisa berbagi karyanya dengan orang lain, bertukar informasi, memberikan saran dan lain sebagainya. Akhirnya aku memutuskan untuk membuat blogku sendiri. Tidak muluk-muluk, selain mengasah kemampuan menulisku, setidaknya dengan blog aku juga bisa mengabadikan setiap moment-moment yang penting bagiku. Terlebih lagi, aku gemar sekali jalan-jalan ke tempat baru. Sayang sekali kalau tidak ada yang kuhasilkan perjalananku itu. Aku yakin bahwa pasti aka nada cerita di balik setiap perjalanan. Aku pun sadar bahwa ingatan manusia tidak sekuat ingatan gajah. Seiring berjalannya waktu, kepingan ingatanku akan memudar. Oleh karenanya dengan blog ini lah aku tuliskan semua kenangan berharga itu. Ya, boleh dibilang mirip-mirip lah dengan "diari dua bulan" ku dulu, bedanya di blogku ini aku bisa lebih narsis. Berharap kelak anak cucuku bisa melihat seperti apa aku sewaktu masih muda. Siapa tahu mereka kelak terinspirasi untuk melakukan hal serupa bahkan melebihi yang sudah aku lakukan. Isi blogku ini berupa catatan perjalanan, puisi, syair, ataupun bentuk tulisan lainnya yang didasarkan pada pengalaman pribadiku sendiri. Untuk masalah nama, aku beri nama 'Create-Trips'. Aku plesetkan dari kata creative dengan menambahkan kata trips di belakangnya. Aku tidak terpikirkan nama lain yang lebih bagus untuk blogku. Cukuplah nama ini sudah mewakili tujuan dari dibuatnya blog ini yakni menyediakan wadah bagiku untuk berkreasi atas setiap perjalanan yang aku lalui.


Sebenarnya ide ini sudah muncul sejak tahun 2013 yang lalu, saat itu aku mulai cari informasi lebih banyak tentang bagaimana menjadi seorang blogger. Maklum saja, hal semacam ini aku masih terlalu awam untuk menguasainya. Butuh proses yang memakan waktu lama, sampai aku percaya diri mengoperasikannya. Hingga kemudian pembuatan Bloggku ini baru bisa terealisasi di tahun 2015. Itu pun setelah blog dibuat, aku tidak langsung aktif menulis. Kesibukanku di kampusku telah banyak menyita waktuku, sehingga aku baru bisa aktif menulis beberapa bulan kebelakang ini tepatnya pertengahan tahun 2016. Aku sih berharap, bisa terus aktif menulis secara rutin, dan terus memperbaiki tulisanku menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.
    email this       edit

2 comments: